Klasifikasi Protein, Bentuk, Ciri-Ciri, Yang Ada Dalam Tubuh

Klasifikasi Protein | Protein merupakan salah satu jenis senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai pengganti sel-sel yang telah rusak. Yuk, pelajari klasifikasi protein yang ada didalam tubuh. Protein merupakan kata yang berasal dari protos yang memiliki arti pertama atau utama. Protein ini merupakan salah satu pembentuk sel yang sangat penting bagi tubuh makhluk hidup, termasuk manusia. Protein di dalam tubuh dapat berperan sebagai biokatalis (ciri khas protein) yang bekerja seperti enzim. Manusia mendapatkan protein bagi tubuhnya didapatkan dari makanan yang diperolehnya. Protein yang berasal dari hewan disebut dengan protein hewani sedangkan protein yang berasal dari tumbuhan disebut dengan protein nabati. Namun, terdapat beberapa klasifikasi protein di dalam tubuh manusia.

Klasifikasi Protein

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya tentang definisi protein, protein dinilai sangat penting dalam proses pencernaan dan juga aktifitas sel dalam jaringan lainnya. Senyawa protein terdiri dari beberapa satuan-satuan dasar kimia, yaitu asam amino. Berikut ini merupakan ciri-ciri protein sebagai berikut :

  1. Berat dari protein ini adalah besar hingga mencapai ribuan yang membentuk makromolekul.
  2. Pada umumnya, terdiri dari lebih 20 macam dimana asam amino tersebut berikatan kovalen dan membentuk rantai polipeptida.
  3. Struktur dari protein yang tidak stabil karena beberapa faktor, seperti pH, radiasi, temperature, dan juga pelarut.
  4. Terdapat ikatan kimia yang lain, seperti struktur tiga dimensi protein.

Klasifikasi Protein Berdasarkan Fungsi Biologinya

Protein Pengangkut

adversitemens

Protein ini memiliki kemampuan membawa ion atau juga molekul dari suatu organ ke organ yang lainnya melalui darah. Golongan yang termasuk dalam protein pengangkut ini seperti hemoglobin yang membawa oksigen dan lipoprotein yang mengangkat lipid.  

Protein Enzim

Jenis protein ini dapat menjadi biokatalisator seperti cara kerja enzim pada tubuh dan memiliki bentuk globular. Sifat dari protein jenis enzim ini hanya bekerja pada substrat tertentu yang sesuai dengannya. Adapun contoh dari protein jenis enzim ini adalah peroksidase yang mempercepat hydrogen peroksida menjadi terurai, pepsin yang dapat mempercepat ikatan peptide terputus, dan polinukleotidaseyang mempercepat proses hidrolisa polinukleotida.  

Protein Hormon

Protein ini diproduksi oleh kelenjar endoktrin yang dapat mengatifkan aktifitas atau metabolisme di dalam tubuh makhluk hidup.

Protein Struktural

adversitemens

Protein strukturlal ini merupakan salah satu klasifikasi protein yang berperan sebagai pembentuk sel pada jaringan tubuh manusia dan juga memberikan kekuatan kepada jaringan tubuh.

Protein Cadangan

Merupakan yang sengaja disimpan sebagai cadangan dan dapat digunakan sewaktu-waktu bila dibutuhkan.

Protein Pelindung

Protein ini adalah klasifikasi protein yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dalamm melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Protein Kontarktil

Berperan dalam gerajan yang dapat memberikan kekuatan kepada sel untuk mengubah bentuk atau bergerak.

Klasifikasi Protein Berdasarkan Bentuknya

Protein Fibriler / Skleroprotein

Protein yang satu ini berbentuk serabut dan juga tidak larut dalam pelarut seperti larutan garam, gula, dan garam. Protein tersebut terdiri dari susunan molekul rantai molekul yang panjang sejajar dengan rantai utama dan tidak membentuk kristal seperti itu. Fungsi dari protein ini digunakan untuk membentuk struktur jaringan dan bahan. Contohnya adalah fibrin pada gumpalan darah dan kolagen pada tulang rawan manusia.

Protein Globuler/S feroprotein

Berbentuk bola dan banyak dikandung oleh bahan pangan, seperti susu, daging, telur. Ciri khas prtein ini adalah mudah terdenaurasi dimana susunan molekulnya berubah yang diikuti perubahan fisik seperti enzim dan hormon.

Klasifikasi Protein Berdasarkan Komponen Penyusunnya

Protein Sederhana

Protein sederhana ini hanya terbentuk dari asam amino dimana hidrolisisnya juga hanya diperoleh dari asam amino tersebut. Adapun contoh dari protein sederhana ini adalah albumin, globulin, histon, dan juga prolamin.

Protein Majemuk

Protein majemuk ini terbentuk dari dua pembentuk, yaitu protein sederhana dan zat lain yang diluar protein. Zat tersebut dapat berupa radikal protestik. Adapun contoh dari protein ini adalah phosprotein yang juga radikal asam phospat, nucleoprotein yang juga radikal asam nukleat, dan mukroprotein yang juga radikal prostetik karbohidrat.

Klasifikasi Protein Berdasarkan Sumbernya

Protein Hewani

Protein ini merupakan protein yang bisa didapatkan hasil dari hewan, seperti susu, daging, telur, dan juga ikan.  

Protein Nabati

Protein nabati merupakan protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti jagung, kacang-kacangan dan juga sayuran hijau.

Klasifikasi Protein Berdasarkan Tingkat Depresi

Protein alami

Merupakan protein yang letaknya di dalam sel.

Turunan dari protein (hasil dair degradasi protein) terbagi menjadi dua, yaitu turunan primer dan sekunder.

Demikian ulasan diatas mengenai klasifikasi protein yang sangat bermanfaat bagi anda yang ingin belajar maupun belajar kembali mengani susunan protein dan juga klasifikasi protein. Semoga ulasan ini dapat membantu anda dalam memahami pelajaran yang seringkali menemui kajian tentang protein dan juga klasifikasinya.

Klasifikasi Protein, Bentuk, Ciri-Ciri, Yang Ada Dalam Tubuh | grobakz | 4.5