Pengertian Molekul Beserta Contohnya Dan Pembahasan

Molekul merupakan sebuah bagian terkecil serta tidak terpecah dari suatu senyawa kimia yang murni dan masih mempertahankan sifat kimia tersebut. Suatu molekul ini tersusun dari dua hingga lebih dari atom yang saling terikat satu sama lainnya. Contohnya yaitu molekul air yang dikombinasi dengan 2 atom hidrogen serta 1 atom oksigen didalamnya. Suatu molekul ini dapat dituliskan dalam sebuah rumus kimia. Rumus kimia tersebut menunjukkan bahwa banyak berbagai jenis serta jumlah atom yang menyusun dalam molekul. Nah, berikut ini kami akan membahas mengenai pengertian molekul beserta contohnya.

Pengertian Molekul Beserta Contohnya

Molekul adalah sebuah kumpulan atom yang tersusun dari satu atau lebih dalam susunan tertentu serta diikat dalam ikatan kimia. Berbagai jensi kumpulan tersebut akan berkaitan dengan kuat serta akan membawa muatan netral serta stabil. Sekumpulan atom tersebut saling terkait serta membentuk bagian kecil dari sebuah senyawa yang dapat berdiri sendiri. Sehingga, molekul dapat didefinisikan yaitu sebagai salah satu zat tunggal yang dapat diuraikan mejadi bagian sederhana. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan proses reaksi kimia. Selain itu juga merupakan sebuah gabungan dari berbagai jenis unsur, baik sama atau berbeda.

Untuk dapat menghasilkan sebuah molekul ini membutuhkan penggabungan antara berbagai unsur yang sejenis maupun tidak. Molekul serta atom ini merupakan jenis senyawa yang saling terikat satu sama lainnya. Bahkan juga dapat dikatakan bahwa molekul pasti ada dalam suatu atom begitupun sebaliknya. Molekul ini dapat terbentuk dari sebuah kumpulan atom berdasarkan dengan susunan dalam ruangan elektron. Jenis molekul terkecil juga dapat disebut dengan H2 dengan molekul hingga dua kali panjang ikat atau 0.74 A. Adapun jenis molekul dengan ukuran besar dapat disebut dengan nama makromolekul atau juga supermolekul.

Jenis-Jenis Molekul

Pada umumnya bentuk molekul ini sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat oleh mata. Namun molekul ini tetap dapat dilihat dengan beberapa cara seperti hibridasi dan mikroskop gaya atom. Ilmu yang dapat mempelajari mengenai molekul dapat dinamakan yaitu fisika molekuler atau juga dapat disebut kimia molekuler. Kimia molekuler ini membahas mengenai hukum yang berisi dalam aturan interaksi sebuah molekul. Sedangkan untuk fisika molekuler ini membahas mengenai hukum yang isinya berupa aturan terkait serta sifat molekul. Molekul juga dapat diklarifikasikan sebagai berikut.

adversitemens

Molekul Unsur

Jenis molekul unsur ini merupakan sebuah molekul yang terbentuk oleh hasil penggabungan atom atau jenis unsur yang serupa. Apabila berbicara mengenai molekul unsur ini, unsur dapat dinamakan berdasakan dengan jenis penggabungan unsurnya. Misalnya yaitu dwiatom yang merupakan gabungan dari 2 atom. Triatom yang merupakan penggabungan dari 3 atom.
Tetraatom yaitu penggabungan dari 4 atom. Jenis tetraatom ini terdiri dari 2 atau lebih yang kemudian disebut dengan molekul poliatomik. Contoh molekul unsur diantaranya yaitu Oksigen, Ozon, Fosfor dan Hidrogen.

Molekul Senyawa

Molekul senyawa merupakan jenis senyawa yang tersusun dari gabungan antara atom atau unsur yang jenisnya berbeda. Jika seluruh senyawa tersebut dapat dikatakan dengan molekul, seluruh molekul tidak dapat dikatakan sebagai senyawa. Misalnya yaitu karbon dioksida yang tersusun dari gabungan 1 atom karbon serta 2 atom oksigen. Karbon monoksida yaitu terdiri dari 1 atom karbon dengan 1 atom oksigen. Sedangkan untuk H2O terdiri dari air yang terbentuk dari 1 atom hidrogen serta 1 atom oksigen.

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa rumus molekul yaitu tergantung jumlah atom penyusunnya.

Pengertian Molekul Beserta Contohnya Dan Pembahasan | Guru Dewantara | 4.5