Pengertian Molekul Berdasarkan Jenis-Jenisnya Lengkap

Pengertian Molekul | Seringkali dalam pelajaran kimia tertulis kata molekul, terutama dalam pelajaran kimia dasar. Pahami terlebih dahulu pengertian molekul agar anda memahami lebih mudah pelajaran kimia. Apakah diantara anda ada yang menyukai pelajaran kimia? Kimia adalah salah satu pelajaran saintek yang bisa menjadi salah satu pelajaran favorit di sekolah. Pelajaran kimia ini membahas reaksi kimia yang ada di alam, baik yang berasal dari alam atau buatan manusia. Beberapa dari anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata-kata molekul. Molekul merupakan bahasan yang sering ditemukan pada pelajaran kimia dan bisa dikatakan molekul ini sudah diterangkan ketika duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Akan tetapi, tak ada salahnya apabila kita membahas kembali tentang pengertian molekul yang pernah anda pelajari sedari bangku SMP hingga kuliah mungkin.

Pengertian Molekul

Apakah yang Disebut Dengan Molekul?

Molekul merupakan suatu perkumpulan atom (bagian terkecil dari susunan) terdiri dari dua atau lebih di dalam suatu susunan yang terikat secara kimia. Atom-atom tersebut ini memiliki ikatan kovalen (terbilang sangat kuat) dan juga memiliki muatan netral sehingga bersifat stabil atau tidak bermuatan listrik. Atom-atom yang terikat tersebut dapat membentuk kembali ke bagian yang terkecil dari senyawa atau zat yang berdiri. Pengertian molekul yang sederhana adalah zat yang masih dapat diuraikan kembali menjadi bagian yang lebih sederhana daripada sebelumnya dengan reaksi kimia dan juga merupakan penggabungan dari beberapa unsur sama ataupun berbeda.  

Adapun bentuk dari molekul ini adalah terbentuk dari beberapa susunan atom yang berdasar dari susunan ruang elektron. Bentuk molekul ini dapat dilihat melalui teori hibridasi dan vsepr. Teori hibridasi adalah suatu proses dari kombinasi orbital atom dalam suatu atom lainnya dan menghasilkan orbital atom baru sebelum terikat oleh ikatan kovalen, sehingga dapat disimpulakan teori ini bergantung pada orbital suatu atom. Sedangkan, teori vsepr adalah teori yang dapat menjelaskan terdapat struktur bangun ruang pada molekul melalui pendekatan yang tepat.

adversitemens

Terbentuknya molekul ini harus melalui penggabungan antara beberapa unsur yang sejenis maupun tidak. Atom dan juga molekul merupakan suatu hal yang saling berikatan, sering dibilang dimana ada molekul pasti terdapat atom. Contoh molekul H2O yang terdiri dari atom H dan atom O. Ukuran molekul sangatlah kecil dan tidak kasat mata, sehingga molekul ini dapat dilihat dengan bantuan alat, seperti mikroskop gaya atom. Terdapat dua jenis molekul, yaitu molekul unsur dan molekul senyawa. Berikut ini adalah pengertian molekul berdasarkan dari jenis-jenisnya :

Molekul unsur

Pengetian molekul unsur adalah suatu molekul yang terdiri atau terbentuk dari hasil penggabungan atom atau unsur yang sesama jenis (satu jenis atom). Singkatnya, molekul jenis ini hanya berasal dari satu jenis unsur saja. Tata cara penamaan molekul unsur ini berkaitan dengan jumlah atom yang tergabung untuk pembuatan molekul unsur tersebut. Beberapa bagian dari molekul unsur termasuk dwiatom (terdiri dari dua atom), triatom (terdiri dari tiga atom), tetraatom (terdiri dari empat atom), dan poliatomik (terdiri dari tiga unsur atau lebih).  Berikut ini merupakan contoh molekul unsur, seperti O2 (oksigen), P4 (Posfor), O3 (Ozon), N2 (nitrogen), dan juga H2 (Hidrogen).

Molekul senyawa

Berbeda dengan molekul unsur, pengertian molekul senyawa adalah suatu jenis molekul yang terdiri dari beberapa jenis unsur atau atom. Molekul ini merupakan hasil dari kombinasi unsur atau atom yang tidak sama. Tata cara penamaan molekul senyawa ini sedikit lebih rumit dari molekul unsur.  Prinsip dari penamaan molekul ini menjadikan satu nama dari beberapa jenis unsur yang tergabung dalam molekul. Contoh molekul senyawa dalam kehidupan sehari-hari  adalah CO2, yaitu molekul yang terdiri dari satu unsur karbon (C) dan H2O (air). Molekul tersebut termasuk dalam molekul senyawa karena terdiri lebih dari satu unsur yang berbeda.  Contoh lain dari molekul senyawa ini yang terdiri dari beberapa unsur adalah CO(NH2)2 (urea) yang terbentuk dari beberapa unsur, seperti karbon, nitrogen, oksigen, dan hydrogen.

Jadi, dapat disimpulkan perbedaan molekul unsur dan senyawa terletak pada bagian yang menyusunnya. Molekul unsur terdiri dari satu unsur atau atom yang sama sedangkan molekul senyawa berasal dari dua atau lebih unsur yang berbeda. Terdapat contoh molekul unsur dan senyawa dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki persamaan reaksi kimia C6H12O6 + 6O2 → energi + 6CO2 + 6H2O dimana molekul merupakan kombinasi dari molekul unsur dan molekul senyawa. Unsur-unsur tersebut merupakan zat glukosa yang berasal dari makanan ditambah dengan oksigen yang diubah menjadi energi, karbondioksida, dan air.

adversitemens

Demikianlah ulasan diatas mengenai molekul yang sering dijumpai terutama pada pelajaran kimia dari sekolah menengah pertama (SMP) sampai dengan di bangku perkuliahan. Semoga penjelasan diatas dapat menambah pengetahuan dan juga anda dapat lebih memahami pengertian molekul secara lengkap.

Pengertian Molekul Berdasarkan Jenis-Jenisnya Lengkap | grobakz | 4.5