Rumus Asam, Sifat-Sifat Senyawa Asam, Peranan Asam

Senyawa asam merupakan senyawa yang menghasilkan ion hydrogen sewaktu larut dalam larutan, seperti air. Namun, tahukah anda rumus asam menurut reaksi kimia? Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai asam. Senyawa asam ini tersebar hampir di seluruh bagian di dekat manusia. Asam dapat ditemukan dalam makanan, minuman, bahkan sampai lambung manusia terdapat asam untuk sistem pencernaan. Asam merupakan senyawa yang dapat memberikan proton atau  ion H+ kepada zat yang lain atau biasa disebut basa dan juga dapat menangkap elektron bebas dari suatu basa. Suatu basa yang bereaksi dengan asam akan membentuk garam. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, banyak sekali contoh asam dalam kehidupan sehari-hari dengan rumus asam yang berbeda-beda.

rumus asam

Contoh-contoh Asam dengan Rumusnya

Apabila direaksikan dengan air (sebagai basa) maka akan terjadi reaksi kesetimbangan, berikut adalah rumus sebagai berikut :

haho.

adversitemens
  1. Asam kuat memiliki nilai Ka yang relative besar. Ka yang besar ini merupakan kesetimbangan reaksi yang berada dikanan dan hampir seluruh asam tersebut dapat terurai. Misalnya Ka asam klorida (asam kuat) sebesar .
  2. Kebalikan dari asam kuat, asam lemah memiliki nilai Ka yang kecil dimana asam HA terdapat cukup banyak di dalam larutan dan asam tersebut hanya sebagian saja yang terurai.

Contoh asam dan rumus asam

Contoh asam dan rumus asam

Sifat-Sifat dari Senyawa Asam

Terdapat banyak pengertian asam menurut para ahli, namun pengertian asam yang paling sering digunakan adalah pengertian asam menurut bronsted lowry. Menurut bronsted lowry, tingkat keasamaan suatu senyawa ditentukan oleh keharmonisan antara tingkat hydrogen dan basa yang terlarut ketika senyawa proton diberikan kepada senyawa tersebut. Secara umum, asam memiliki sifat-sifat yang khas dan berbeda dengan basa, yaitu:

  • Dari segi rasa, rasa masam

Pernahkan anda memakan acar? Acar ini biasa digunakan untuk pendamping berbagai jenis makanan, seperti martabak, gule kambing, dan juga mie goreng. Rasa asam ini berasal dari cuka yang merupakan contoh asam dalam kehidupan sehari-hari. Nama kimia dari cuka ini adalah asam asetat.

  • Dapat merubah warna indikator

Asam juga dapat merubah warna dari zat-zat alami ataupun buatan yang ada di sekitar kita. Dengan sifat tersebut, suatu senyawa dapat diidentifikasi tingkat keasamaan suatu larutan dengan menggunakan indikator. Adapun indikator yang sering digunakan untuk mengukur adalah kertas lakmus biru. Kertas lakmus biru ini akan berubah menjadi merah apabila teridentifikasi menjadi asam sebaliknya lakmus merah akan berubah menjadi biru.

adversitemens
  • Hantaran arus listrik

Apakah anda tahu bahwa asam dapat menghantarkan arus listrik? Hal ini dikarenakan asam melepas ion-ion di dalam larutan tersebut yang dapat mengahantarkan listrik. Senyawa asam akan terasa menyengat bila disentuh, terlebih bila senyawa asam kuat. Berdasarkan hantaran listrik, asam bersifat elektronik bukan ionik. Semakin kuat suatu asam tersebut maka akan semakin baik asam tersebut dapat menghantarkan listriknya.

  • Reaksi Logam Lain

Apabila asa bereaksi dengan logam lain, maka akan menghasilkan gas hydrogen dan senyawa garam. Pengertian garam adalah suatu senyawa ionic yang terdiri dari ion postif dan juga ion negative yang membentuk senyawa garam (netral). Senyawa asam akan beraksi kuat dengan logam, dengan kata lain asam bersifat korosif terhadap suatu logam. Berikut merupakan reaksi rumus asam :

Asam + suatu logam tertentu → senyawa garam + gas hydrogen

Peranan Asam dalam Kehidupan sehari-hari

Asam merupakan senyawa  yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Terdapat banyak sekali kegunaan dari asam. Contohnya adalah pada penggunaan pembuatan pupuk, obat-obatan, plastic, bahkan juga untuk bahan peledak, dan sebagai pembersih permukaan logam-logam. Selain itu, jenis asam organik (asam yang tergolong asam lemah) dapat digunakan untuk pengawet berbagai jenis makanan. Contoh dari asam yang dapat digunakan adalah asam asetat, asam karbonat, asam propanoat, dan juga asam benzoate.

Asam memiliki rumus kimia asam tertentu dan berbeda-beda sesuai dengan jenis-jenis asam tersebut. Senyawa asam ini dapat ditemukan sebagai senyawa murni asam atau senyawa yang terlarut dalam larutan tertentu yang mengandung asam. Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya asam ditemukan sebagai senyawa yang terlarut dimana larutan tersebut biasanya larutan air. Apabila dalam pelaksanaannya, senyawa asam lebih banyak dibanding dengan kandungan airnya itu berarti konsenterasi asamnya rendah, sebaliknya bila konsenterasi asam tinggi, itu berarti kandungan asamnya lebih banyak dibanding dengan larutan airnya.  

Walaupun, asam memiliki banyak manfaat, asam juga tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan. Asam ini juga bersifat korosif atau sangat bereaksi dengan logam tertentu. Asam juga dapat merugikan manusia, seperti hujan asam yang sekarang ini menjadi isu tersendiri di kalangan masyarakat.

Demikian ulasan diatas mengenai teori rumus asam di dalam dunia kimia. Singkatknya, asam memiliki rumus kimia yang berbeda-beda tergantung pada jenis asam itu sendiri. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk anda dan dapat menjawab keraguan anda.

Rumus Asam, Sifat-Sifat Senyawa Asam, Peranan Asam | grobakz | 4.5