Cara Menentukan Rumus Empiris Kimia Dan Contoh Soalnya

Rumus kimia adalah salah satu ciri khas dari senyawa kimia. Ternyata rumus kimia ini dibagi menjadi dua yaitu rumus molekul dan rumus empiris. Perbedaan mengenai kedua rumus tersebut terdapat pada jumlah atomnya. Sementara itu atom unsur penyusun dalam rumus tersebut senyawanya sama. Lalu bagaimana cara menentukan rumusnya?. Nah, saat ini kita akan membahas mengenai cara menentukan rumus empiris kimia terlebih dahulu.

Rumus empiris kimia adalah sebuah rumus yang paling sederhana dari suatu molekul dengan menunjukan jumlah perbandingan atom penyusun molekul. Jenis rumus ini menyatakan perbandingan dari jenis serta jumlah yang paling sederhana yaitu dari sebuah senyawa. Rumus empiris ini dapat diperoleh berdasarkan sebuah percobaan. Contohnya yaitu rumus molekul bazena yaitu C6H6. Sedangkan rumus empirisnya yaitu CH. Rumus molekul pada hidrogen peroksida yaitu H2O2 sedangkan untuk rumus empirisnya yaitu HO.

Cara Menentukan Rumus Empiris Kimia

Rumus empiris kimia dapat digunakan sebagai penunjuk rumus molekul jika tidak ada sebuah informasi mengenai massa molekul relatif dari senyawa tersebut. Misalnya yaitu NO2 juga dapat dikatakan sebagai suatu rumus molekul jika tidak terdapat informasi mengenai massa molekul relatifnya. Namun apabila massa molekul relatifnya tersebut dapat diketahui, misalnya yaitu 92 maka rumus NO2 merupakan rumus empiris dan N2O4 adalah rumus molekulnya.

Cara untuk dapat menentukan rumus empiris adalah perlu diketahui terlebih dahulu dalam mencari massa atau presentase massa didalam senyawa. Kemudian dibagi dengan massa atom relatif atau Ar masing-masing unsur senyawa. Artinya yaitu untuk menentukan rumus empiris ini juga dapat dicari perbandingan mol dari berbagai jenis unsur senyawa tersebut. Rumus empiris serta molekul dapat ditulis berikut ini:

adversitemens

(Rumus Empiris)n = Rumus Molekul

Nilai n tersebut berkaitan dengan massa molekul relatit dari sebuah rumus kimia senyawa. Jika Mr tersebut dari rumus empris maka akan dikalikan dengan n. Jadi akan menghasilkan Mr rumus molekul senyawa. Prinsip tersebut juga dapat digunakan dalam dasar mencari rumus molekul senyawa kimia.

Contoh Soal Rumus Empiris Kimia

Suatu senyawa mengandung unsur karbon, hidrogen serta oksigen dengan presentase 41,82% atom C, 6,51% atom H dan 51,67 atom O. Serta mempunyai massa 100 gram. Tentukan rumus empris dari senyawa tersebut!

Diketahui:

Persentase unsur C = 41,82% – Persentase unsur H = 6,51% – Persentase unsur O = 51,67%

Ditanya: Rumus empiris?

adversitemens

Jawab:

Massa senyawa sebesar 100 gram, maka:

C = 41,82 gram

H = 6,51 gram

O = 51,67 gram

Kemudian cari jumlah mol masing-masing unsur

Karena jumlah perbandingan mol tersebut juga menyatakan jumlah perbandingan atom, maka jumlah perbandingan mol dapat digunakan dalam menentukan rumus empris.

mol C : mol H : mol O = atom C : atom H : atom O = 3,485 : 6,510 : 3,229

Karena berbagai jenis atom dalam sebuah molekul tersebut adalah kelipatan dari bilangan bulat, maka perbandingan ataom juga harus bilangan bulat. Selain itu, bilangan bulat tersebut harus lebih sederhana. Hal ini sehingga dapat membagi ketiga bilangan tersebut dengan menggunakan kelipatan bilangan kecil yaitu 3,229. Perbandingan tersebut yaitu:

1,07 : 2,01 : 1,00

Perbedaan mengenai angka di belakang koma tersebut pada desimal kedua dapat diabaikan. Dengan demikian perbandingan mengenai jumlah atom C, H dan O yaitu: 1 : 2 : 1

Perbandingan diatas dapat menyatakan bahwa perbandingan berbagai jenis atom tersebut juga sederhana dalam sebuah molekul. Dengan demikian, maka rumus empiris kimia adalah CH2O.

Nah, dapat disimpulkan bahwa rumus empiris kimia ini dapat diperloleh dari sebuah percobaan serta lebih sederhana dibanding rumus molekul senyawa.

Cara Menentukan Rumus Empiris Kimia Dan Contoh Soalnya | Guru Dewantara | 4.5