Rumus Energi Kinetik Lengkap Dengan Soal dan Pembahasannya

Rumus energi kinetik merupakan salah satu yang terdapat di dalam pelajaran fisika. Siapa di antara kalian yang tidak suka dengan fisika? Pelajaran fisika itu sebenarnya sangat menyenangkan. Sebab materinya begitu aplikatif dan menyangkut dengan kehidupan kita sehari-hari. Karena adanya ilmu fisika, hidup kita akan terasa lebih mudah. Sebab ada berbagai macam peralatan yang menggunakan prinsip fisika. Kita jadi dapat mengerjakan hal yang berat dan terasa ringan seperti pesawat sederhana, prinsip katrol, pembuatan jembatan dan lain sebagainya.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang rumus energi kinetik, terlebih dahulu kita akan mengetahui pengertian dari energi kinetik itu sendiri. Energi kinetik adalah yang dimiliki setiap benda bergerak. Sehingga jika benda tersebut diam, maka tidak mempunyai energi kinetik. Energi ini didefinisikan sebagai usaha yang diperlukan dalam gerakan sebuah objek dari keadaan diam hingga mempunyai kecepatan tertentu.

Rumus Energi Kinetik

Energi kinetik adalah energi ekstra yang diperoleh dari objek yang bergerak tersebut. Hal ini dikarenakan usaha yang sudah dilakukan dalam mempercepat objek. Syarat dari sebuah benda memiliki energi kinetik yaitu benda tersebut mempunyai massa dan benda berada dalam keadaan bergerak atau mempunyai kecepatan. Kecepatan dalam hal ini adalah kecepatan rata-rata atau yang disebut dengan kecepatan konstan.

Berikut ini adalah rumus energi kinetik: Ek = ½ x m v2
Dimana dalam rumus tersebut bisa diketahui bahwa:

adversitemens

m = massa (kg)
V = kecepatan (m/2)
dan energi Kinetik adalah J (joule)

Bila sebuah benda memiliki gerakan yang semakin cepat, maka energi kinetik dari benda tersebut juga semakin besar. Begitu pun sebaliknya. Jika massa benda semakin besar, maka energi kinetik yang dihasilkan benda tersebut juga makin besar.

Energi Kinetik Rotasi

Bila sebuah objek atau benda tidak bergerak dengan cara linear, tetapi dengan rotasi, maka rumus energi kinetik titik masa ataupun benda tegar tak dapat digunakan. Dengan demikian rumus untuk energi kinetik dari benda berotasi adalah sebagai berikut:

Er = ½ x I x ω2

Dalam hal ini”l” adalah momen inersia dan untuk ω diartikan sebagai kecepatan sudut. Oleh sebab itulah untuk dapat menghitung energi kinetik sebuah benda atau objek berotasi, maka anda perlu tahu tentang momen inersia serta kecepatan sudutnya terlebih dahulu.

Contoh energi kinetik yang sering ditemui di dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah:
Pak Aris sedang mengendarai sepeda motor dengan kelajuan konstan 40 km/jam. Pak Rudi mendorong gerobak dengan kecepatan yang dihasilkan 0,5 m/s. Sebuah bola menggelinding di atas tanah dengan kecepatan 3 m/s.

adversitemens

Contoh Soal dan Pembahasannya

1.Ada sebuah mobil yang memiliki massa sebesar 2000 kg. Mobil tersebut bergerak melaju ke arah barat dengan kecepatan 20 m/s. Pertanyaannya adalah berapa energi kinetik dari mobil tersebut?

Jawab:

Diketahui : massa/ m = 20.000 kg; v = 20 m/s;

Ditanyakan: Energi kinetik mobil/ Ek = …..?

Penyelesaian:

  • Ek = 1/2 m.v2
  • Ek = 1/2 (20.000.202)
  • Ek = 1/2 (8000.000)
  • Ek = 4000.000 J
  • Ek = 4.000 kJ

2. Ada sebuah bola untuk tolak peluru yang menggelinding di lantai mempunyai energi kinetik sebesar 100 joule. Diketahui massa dari bola tolak peluru tersebut adalah 8 kg. Lantas berapakah kecepatan bla tolak peluru tersebut?

Jawab:

Ek = 100 J dan m = 8 kg

Ek = ½ x m x v2

Ditanya v …?

v2 = 2Ek : m

v2 = (2 x 100 J) : 8 kg

v2 = 25

v = akar 25

v = 5 m/s

Dari penjelasan dan contoh soal tersebut, sekarang anda bisa menghitung rumus energi kinetik dengan mudah.

Rumus Energi Kinetik Lengkap Dengan Soal dan Pembahasannya | Guru Dewantara | 4.5