Cara Mudah Memahami Rumus Frekuensi Dan Contohnya

Kamu sedang mempelajari rumus frekuensi disekolahmu tapi belum memahami seluruhnya? Mari kita belajar bersama agar lebih memahami frekuensi. , Mempelajari frekuensi merupakan salah satu mata pelajaran terpenting dalam fisika. Frekuensi hadir untuk memahami bagaimana gelombang itu bisa terjadi. Sebelum memahami frekuensi lebih mendalam, hal utama yang harus kamu lakukan adalah memahami gelombang dan berbagai elemen yang berhubungan dengan frekuensi. Banyak hal yang bisa kita manfaatkan lho dengan mempelajari frekuensi seperti penggunaan HT yang dapat mengirimkan suara, penggunaan radio, digunakan dibidang kesehatan seperti sinar x, infra merah dan lain sebagainya. Untuk memahami lebih jauh, mari kita lihat bagaimana rumus frekuensi, getaran dan lain sebagainya.

Cara menghitung rumus frekuensi lengkap dengan contoh soalnya

rumus frekuensi

Gelombang adalah proyeksi dari suatu gerak yang melingkar beraturan dan diproyeksikan kepada sumbu tengahnya. Gelombang dan frekuensi sangat berkaitan, karena banyaknya getaran yang terjadi didalam setiap waktuya dinamakan sebagai frekuensi. Jika kamu mempertanyakan waktu yang dibutuhkan bagi suatu benda untuk mencapai satu putaran di kenal sebagai istilah periode. Sedangkan jika jarak antara kedudukan benda yang telah bergetar disuatu waktu hingga kembali pada posisi yang seimbang disebut dengan simpangan getaran. Terakhir adalah amplitude yang dikeal dengan simpangan maksimum yang telah dilakukan pada saat peristiwa getaran. Mari kita lihat, rumus yang dibutuhkan untuk menghitung frekuensi

Rumus Periode getaran

adversitemens

T = t/n

Keterangan

  1. T = Periode (sekon)
  2. t = Waktu (sekon)
  3. n = Jumlah getaran

Contoh soal : Sebuah senar gitsr dipetik sehingga mengeluarkan getara selama 1 menit menghasilkan 40 getaran. Berapakan periode getarannya?

Jawab : Diketahui, t = 1 menit (60 s), n = 40 getaran

Hasil : T = t/n

 T = 60/40

adversitemens

 T =  1,5 s

Jadi, periode getarannya adalah 1,5 s

Rumus Frekuensi getaran

f = n/t

Keterangan

  1. f = Feminim (Hz)
  2. n = jumlah getaran
  3. t = waktu (sekon)

Contoh soal : Sebuah bandul selama 60 detik telah mengalami 180 getaran. Berapakah frekuensinya?

Jawab : Diketahui, t = 60 s, dan n = 180 getaran

Hasil : f = n/t

    = 180/60

    = 3 Hz

Jadi, frekuensinya adalah 3 Hz.

Hubungan periode dan frekuensi

f = 1/T atau T = 1/f

Contoh soal : Satu buah pegas telah menghasilkan frekuensi sebesar 200 Hz. Berapakah periode getaran tersebut?

Jawab : Diketahui, f = 200 Hz

Hasil : T = 1/f

     = 1/200

     =0,005 s.

Hubungan periode, panjang gelombang dan frekuensi

Terdapat sebuah gelombang longitudinal dengan kecepatan 1 m /sekon. Jika didalam waktu 4 s telah membentuk dua regangan, maka tentukanlah

  1. periode
  2. panjang gelombang
  3. frekuensi

Jawab :

  • Periode. Periode dilambangkan dengan T = waktu tempuh/ jumlah gelombang. Maka, 42 = 2 sekon. Periode nya adalah 2 secon
  • Panjang gelombang.

x = v.T

  = 1 m x 2 s

  = 2 m

  • Cara menghitung frekuensi getaran

f =  v/x

  =  1 m/s

       2m

 = 1/2hz

Rumus Frekuensi Pegas

Terdapat empat buah pegas yang memiliki konstanta sama. Dua pegas akan dihubungkan secara seri yang kemudian disebut dengan pegas A, pegas yang lain dihubungkan secara parallel yang kemudia disebut dengan pegas B. Jika kedua pegas tersebut diberi beban yang sama beratnya, maka berapa kah perbandingan frekuensi getaran A dan B?

Jawab :

Susunan seri pada pegas A

1/ks = 1/k + 1/k = 2/k Jadi Ks adalah k/2

Rumus untuk Fpegas adalah  1/ √ k/m . Maka, f ~ √k

fa/fb =  ks/kp = 1/2k/2k = ½

Maka, jawaban dari perbandingan frekuensi getaran A dan B adalah 12

Rumus Kecepatan Perputaran Sudut.

Kecepatan perputan sudut dilambangkan dengan ω dengan Rad/s) maka

f = ω/ atau ω =2 πf

Rumus Cepat rambat gelombang

v = panjang gelombang

        frekuensi

Contoh soal : Terdapat sebuah gelombang yang merambat dengan  memiliki kecepatan 340 m/s. Jika frekuensi gelombang tersebut adalah 50 Hz. Maka, tentukanlah panjang gelombangnya.

Jawab : Diketahui, v = 340 m /s , f = 50 Hz

Hasil : rumus penjari panjang gelombang adalah  v/f

 = 340/50

 = 6,8 meter

Maka, panjang gelombang tersebut adalah 6,8 meter.

Bagaimana rumusnya? Mudah bukan. Jadi, sekarang kamu tidak perlu takut lagi untuk belajar fisika. Mata pelajaran fisika merupakan pelajaran yang mudah apabila kamu belajar dengan giat. Jika kamu sudah mengetahui rumusnya dan memahami cara kerja dari rumus tersebut, maka kamu akan suka belajar fisika. Belajar fisika bisa dimanapun loh, kamu bisa belajar disekolah, ditempat les, belajar bersama kawan-kawan dan belajar melalui internet. Jika kamu sudah paham, jangan lupa untuk berbagi ilmu ya kepada teman-teman kamu yang belum memahami fisika terutama rumus frekuensi. Semoga, rumus frekuensi dan contoh soal yang telah diberikan dapat membantu kamu belajar fisika. Selamat belajar dan memahami mata pelajaran fisika!

Cara Mudah Memahami Rumus Frekuensi Dan Contohnya | grobakz | 4.5