Rumus Kimia Air Lengkap Dengan Sifatnya

Dalam kajian ilmu kimia, anda pasti sudah familiar dengan rumus kimia air. Hal ini dikarenakan air hampir selalu digunakan dalam berbagai reaksi. Air itu sendiri adalah salah satu komponen yang penting dalam keseimbangan alam. Air murni memiliki ciri berwarna jernih dan tak berasa. Dalam ilmu kimia, senyawa air dibentuk dari atom hidrogen dan oksigen. Dimana satu molekul air disusun dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. Ikatan yang terjadi diantara atom hidrogen dan oksigen ialah ikatan kovalen.

Rumus Kimia Air

Rumus kimia air ialah H2O. Dalam rumus kimia tersebut ada 2 ikatan kovalen antara O dan H. Dalam struktur molekul air, atom oksigen yang ada di dalam elektron ikatan jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan atom hidrogen. Hal ini mengakibatkan jumlah muatan positif ada di kedua atom hidrogen. Sedangkan jumlah muatan negatif ditemukan di atom oksigen.

Perbedaan muatan yang ada di atom hidrogen dan oksigen tersebut menciptakan momen dipol. Dimana momen dipol mengakibatkan gaya tarik menarik listrik antar molekul air. Dengan begitu, molekul air yang ada cenderung berdekatan. Molekul air tersebut pun sulit untuk dipisahkan karena sangat melekat. Hal inilah yang mengakibatkan titik didih airnya cukup tinggi.

Sifat Air

Dari penjelasan rumus kimia di atas, dapat disimpulkan bahwa air mempunyai struktur atom yang sangat sederhana. Dimana struktur alami dari air mengakibatkan molekulnya mempunyai sifat yang unik. Adapun sifat unik dari molekul air diantaranya yaitu mempunyai panas spesifik tinggi. Panas spesifik merupakan jumlah energi yang dibutuhkan untuk mengubah suhu suatu zat. Hal ini mengakibatkan air menyerap energi panas yang besar sebelum temperatur air berubah menjadi panas.

adversitemens

Lebih lanjut, air mempunyai pH netral, yakni 7, bukan asam maupun basa. Molekul air yang berupa cair ada dalam rentang suhu 0° sampai 100°c. Rentang ini membuat air ada di hampir semua bagian bumi. Air juga lebih mudah menyerap panas daripada cairan lain. Hal ini mengakibatkan tubuh air yang luas mempunyai profil suhu vertikal yang hampir sama, speerti danau dan laut. Molekul air di bumi itu sendiri tersedia dalam 3 bentuk fisik, yakni padat, cair, dan gas.

Sifat Kimia

Dibalik sifat uniknya, air murni juga memiliki sifat kimia yang membuatnya berbeda dengan molekul lainnya. Molekul air merupakan molekul polar atau dipol. Air didapat dari asosiasi dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. Dimana atom tersebut membentuk molekul H2O. Asosiasi dari 3 atom dilakukan berdasarkan sudut 104,5° di tingkat atom oksigen.

Molekul air sebenarnya hampir tampak seperti tetrahedron dengan pusatnya diduduki atom oksigen. Molekul air memiliki muatan listrik bersih yang nilainya nol. Akan tetapi, elektron tak didistribusikan secara simetris. Molekul dengan perbedaan muatan antara atom hidrogen dan atom oksigen tersebut disebut dengan molekul polar.

Sifat Fisik

Beralih ke sifat fisiknya, molekul air didefinisikan oleh agitasi termal dan tegangan permukaan. Dalam agitasi termal, gerakan permanen berkaitan dengan suhu lingkungan secara langsung. Sedangkan untuk tegangan permukaan bisa dilihat saat sejumlah kecil air yang diciptakan pada permukaan non-larut dan molekul air yang terbuat dalam bentuk tetes. Sifat yang satu ini bermanfaat dalam transportasi vertikal air yang bisa anda temukan di tanaman. Tak hanya rumus kimia air, pastikan anda juga mengetahui sifat air itu sendiri.

Rumus Kimia Air Lengkap Dengan Sifatnya | Guru Dewantara | 4.5