Rumus Kimia Benzena Lengkap Dengan Struktur Kimia Benzena

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai rumus kimia benzena. Anda tentu tidak asing dengan zat kimia paracetamol serta aspirin. Kedua zat kimia tersebut juga sering digunakan sebagai salah satu obat sakit kepala. Taukah anda mengenai perbedaan dari kedua senyawa tersebut?. Paracetamol serta aspirin ini berbeda dengan rumus atau strukur kimianya. Perbedaan mengenai struktur kimia juga dapat memengaruhi sifat kedua dari senyawa tersebut. Sehingga hal tersebut dapat mempunyai sifat khas.

Paracetamol mempunyai nama kimia yaitu para-asetilamino fenol yang dapat dirumuskan yaitu C8H9NO2. Sedangkan untuk aspirin sendiri mempunyai nama orto-asetiloksi benzoat yang dapat dirumuskan yaitu C8H9O. Dari kedua rumus tersebut anda dapat menuliskan rumus struktur paracetamol dan aspirin. Namun anda harus dapat mengetahui senyawa benzena serta turunannya terlebih dahulu.

Rumus Kimia Benzena

Benzena sendiri ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1825. Ia berhasil mengisolasi senyawa benzena tersebut dari gas serta memberinya nama yaitu hidrogen bikarburet. Berdasarkan hasil penelitian bahwa benzena ini mempunyai rumus kimia yaitu C6H6.

Rumus kimia tersebut memberikan sebuah misteri mengenai jenis struktur yang tepat pada senyawa tersebut. Hal ini juga disebabkan karena rumus kimia C6H6 tidak sesuai dengan kesepakatan dari beberapa ilmuwan. Alasan tersebut bahwa atom C ini dapat meningkat 4 atom serta atom H tersebut dapat meningkat 1 atom. Masalah tersebut akhirnya dapat dipecahkan.

adversitemens

Struktur Kimia Benzena

Struktur benzena kemudian diusulkan Kekule tidak mengandung sebuah ikatan rangkap. Hal ini dikarenakan benzena tersebut tidak dapat bereaksi seperti senyawa hidrokarbon yang mempunyai ikatan rangkap. Namun, struktur benzena tersebut menimbulkan beberapa masalah karena atom C ini tidak taat asas. Berdasarkan sebuah kesepakatan bahwa 1 atom C ini seharusnya dapat meningkat hingga 4 atom. Kemudian yang diusulkan oleh Kekule atom C ini hanya dapat meningkat 3 atom.

Pada tahun 1872, Kekule kemudian mengusulkan bahwa perubahan struktur bezena. Menurutnya bahwa benzena tersebut mengandung tiga ikatan tunggal serta mengandung tiga ikatan rangkap dengan posisi berseling.

Berdasarkan sebuah penelitian bahwa setiap atom C dalam cincin bezena tersebut mempunyai sifat sama. Hal tersebut dapat ditentukan pada saat setelah para ilmuwan tersebut mengetahui jika semua ikatan atom C memiliki panjang sama. Panjang tersebut yaitu 140 pm. Oleh karena seluruh atom C tersebut mempunyai beberapa fungsi yang sama. Maka ikatan rangkap akan senantiasa berubah-ubah.

Penggunaan Benzena

Benzena pada umumnya dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar dari senyawa kimia yang lainnya. Sekitar kurang lebih 80% benzena tersebut dapat dikonsumsi dalam 3 senyawa kimia yaitu kumena, etilbezena dan sikloheksana. Senyawa turunan yang paling terkenal yaitu adalah senyawa etilbezena. Hal ini dikarenakan senyawa tersebut merupakan bahan baku stirena. Bahan yang nantinya akan diproduksi menjadi polimer atau plastik lainnya.

Kumena tersebut dapat digunakan sebagai salah satu bahan baku dalam pembuatan resin serta perekat. Sikloheksana juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan nilon. Sejumlah benzena lainnya dengan jumlah sedikit juga dapat digunakan sebagai pembuatan karet, pewarna, pelumas, bahan peledak dan lainnya.

Dalam penelitian bahwa toluena juga digunakan sebagai bahan pengganti bezena. Sifat kimia pada toluena sama halnya dengan sifat benzena. Namun toluena ini lebih tidak beracun dibanding dengan benzena.

adversitemens

Benzena ini adalah sebuah komponen minyak bumi serta merupakan salah satu komponen dari bahan petrokimia. Bahan tersebut merupakan bahan paling dasar dan pelarut yang penting dalam dunia perindustrian. Hal ini dikarenakan mempunyai bilangan oktan yang lebih tinggi. Maka benzena ini juga menjadi salah satu bahan campuran yang penting dalam bensin.

 

Rumus Kimia Benzena Lengkap Dengan Struktur Kimia Benzena | Guru Dewantara | 4.5