Rumus Kimia Molekul Senyawa Dan Kimia Unsur

Rumus kimia molekul senyawa menyatakan jenis serta jumlah pada atom yang sebenarnya ada dalam molekul suatu senyawa. Jenis rumus ini dapat diartikan juga merupakan kelipatan dari rumus empirisnya. Untuk dapat menyatakan jenis rumus ini maka dilakukan menggunakan cara menuliskan lambang kimia setiap unsur yang ada pada molekul. Selain itu jumlah atom juga dapat dituliskan pada bagian kanan lambang kimia unsur dengan subscript. Contohnya yaitu glukosa memiliki rumus molekul yaitu  C6H12O6. Artinya pada tiap molekul glukosa tersebut mengandung enak atom karbin serta dua belas hidrogen dan enam oksigen.

Rumus Kimia Molekul Senyawa

Cara untuk mengetahui rumus kimia senyawa dari sebuah rumus empiris yaitu diketahui massa molekul relatifnya dahulu. Rumus molekul senyawa dengan empiris senyawa hanya terjadi pada perbedaan jumlah atomnya. Sedangkan untuk atom unusr penyusun senyawa tersebut tetap. Namun dengan demikian terdapat beberapa senyawa yang mempunyai rumus molekul serta empirisnya sama. Misalnya yaitu H2O (air) dan NH3 (amoniak).

Molekul senyawa terdiri lebih dari satu jenis atom yang disebut dengan molekul senyawa. Contoh molekul senyawa yaitu diantaranya air yang memiliki rumus kimia yaitu H2O. Air tersebut terdiri dari dua atom H serta satu atom. Contoh molekul yaitu diantaranya air, urea, kapur, asam sulfat, glukosa, asam nitrat.

Sedangkan untuk molekul unsur yaitu terdiri dari atom yang sama dan disebut dengan molekul unsur. Misalnya yaitu oksigen, hidrogen, klorin dan nitrogen. Setiap satu dari molekul oksigen maka terdiri dari dua atom oksigen.

adversitemens

Perbedaan dari kedua rumus tersebut yaitu dapat dibedakan jumlah serta jenis atomnya. Maka dapat dilihat pada molekul unsur H2 serta molekul senyawa yaitu H2O. Dalam pembetukan molekul tersebut H2 terdiri dari dua atom hidrogen dalam satu molekul. Setiap molekul hidrogen tersebut mempunyai satu elektron.

Contoh Soalnya

Diketahui suatu senyawa memiliki rumus empiris CH2O. Jika sebanyak 4,2 gram senyawa diuapkan pada 435 K dan 1 atm, diperoleh volume uap sebesar 2,5 liter. Bagaimana rumus molekul senyawa tersebut?

Diketahui:

m = 4,2 gram

T = 435 K

P = 1 atm

adversitemens

V = 2,5 liter

Ditanya: Rumus molekul?

Jawab:

Asumsikan gas senyawa bersifat ideal maka jumlah mol uap dicari menggunakan persamaan gas ideal, yaitu:

Setelah jumlah mol diketahui, selanjutnya menentukan massa molekul relatif senyawa (Mr) yang dapat dihitung melalui massa molar, nilai massa molar juga menyatakan nilai massa molekul relatif dari senyawa.

Dengan demikian massa molekul relatif adalah 60 sma.

Masa molekul relatif ini adalah kelipatan dari massa rumus empirisnya. Dari rumus empiris tersebut dapat diketahui jenis senyawa yang tersusun dari satu atom C, dua atom H dan satu atom O. Dengan demikian :

Mr = n x (Ar C + 2 Ar H + Ar O)

60 = n x (12 + 2 + 16)

= n x 30

n = 2

dengan n = 2, rumus molekul senyawa tersebut adalah:

2 x (CH2O) = C2H4O2

Jadi, rumus molekul senyawa adalah C2H4O2. Berdasarkan rumus molekul dan sifat-sifat senyawa diketahui bahwa senyawa tersebut adalah asam asetat.

Secara umum rumus molekul dapat ditulis dengan lambang :

Ax By atau Ax By Cz

Dengan

A, B, dan C = lambang unsur (tanda atom) penyusun senyawa

x, y, dan z = indeks tiap unsur, yaitu jumlah tiap-tiap unsur yang menyusun di dalam satu molekul senyawa.

NaCl artinya : – 1 molekul senyawa garam dapur terdiri atas 1 atom Na dan 1 atom Cl, tersusun 2 macam atom yaitu: Na dan Cl

5Fe artinya : 5 atom besi

2H2SO4 artinya: – 2 molekul senyawa asam sulfat terdiri atas 4 atom H, 8 atom O, dan 2 atom S, tersusun 3 macam atom yaitu H, S, dan O.

 

Rumus Kimia Molekul Senyawa Dan Kimia Unsur | Guru Dewantara | 4.5