Rumus Kimia Urea, Pengertian dan Pemanfaatannya Dalam Kehidupan

 

Anda semua pasti sudah pernah mendengar dan tidak asing lagi dengan yang namanya pupuk urea. Pupuk ini terdiri dari senyawa kimia yaitu urea dan lebih dikenal dengan nama carbonyl diamide. Senyawa yang terdapat pada urea adalah jenis senyawa organik. Oksigen karbon, nitrogen dan juga hidrogen menjadi unsur yang menyusun senyawa ini. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas rumus kimia urea serta pemanfaatannya dalam kehidupan.

Karena kandungan nitrogen yang begitu tinggi dan sangat mudah diubah menjadi amonia di dalam tanah, maka urea menjadi salah satu pupuk nitrogen yang kandungannya paling terkonsentrasi. Rumus kimia urea merupakan senyawa organik sintetis pertama yang berhasil dibuat dari senyawa anorganik. Hingga akhirnya bisa meruntuhkan konsep vitalisme.

Rumus Kimia Urea

Ini merupakan rumus kimia urea yaitu: CON2H4 bisa juga ditulis (NH2)2CO.

adversitemens

Dimana rumus kimia urea empiris terdiri atas 1 buah atom karbon, 1 buah atom oksigen, 4 atom hidrogen, serta 2 atom nitrogen. Sementara itu untuk rumus bangun urea adalah: NC(=O)N.

Dalam rumus bangun urea terdapat struktur atom seperti di bawah ini:

Penemuan Urea

Mulanya senyawa urea ini bukan hanya ditemukan dan diproduksi dalam tubuh manusia. Namun juga diproduksi oleh binatang seperti ikan, mamalia dan amfibi. Inilah mengapa kotoran hewan dan juga daun busuk dapat dipakai dalam penyuburan tanaman seperti pupuk yang sering disebut dengan istilah pupuk organik atau pupuk kandang.

Pada tahun 1773 urea ditemukan oleh kimiawan yang berasal dari Perancis yang bernama Hillaire Rouelle. Urea merupakan senyawa organik pertama yang telah dirumuskan lalu dibuat dalam pabrik. Pelopor kimia organik yang merupakan kimiawan Jerman Friedrich Wöhle menemukan proses pembuatan urea versi sintesis dari senyawa lain tahun 1828 setelah 55 tahun penemuannya.

Proses Pembuatan Urea

Urea buatan atau urea sintetis dibuat dengan bahan karbon dioksida dan amonia dalam bentuk cair atau padat. Tepatnya tahun 1870, proses pembuatan senyawa sintetis yakni dilakukan dengan pengeringan amonium karbanat yang berada pada suhu dan tekanan yang begitu tinggi.

adversitemens

Bahkan hingga sampai sekarang ini proses pembuatan urea dengan cara yang demikian masih sering digunakan. Urea memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia dan dalam kehidupan dunia ini. Misalnya banyak para petani yang berada di desa menggunakan pupuk urea sebagai penyubur tanah persawahan dan juga perkebunan milik mereka.

Pemanfaatan Urea Dalam Kehidupan

Seperti tadi yang sudah disebutkan, sebagian besar urea diproduksi dengan tujuan digunakan sebagai pupuk tanaman. Saat nitrogen ditambah pada urea, dengan demikian urea akan larut dalam air dan bisa dipakai untuk proses penyuburan tanaman. Disamping digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk, urea juga bisa dipakai dalam pembuatan lem, pakan ternak, deterjen, plastik, pewarna rambut, pembersih toilet, fungisida dan juga pestisida.

Sementara itu, dalam dunia kedokteran dan juga pengobatan urea juga banyak dipakai dalam barbiturat. Istilah barbiturat ini merupakan produk dermatologis yang bisa mengembalikan kelembaban kulit serta diuretik.

Di samping itu, dokter juga bisa memakai urea dengan menggunakan takaran yang sudah ditentukan sebagai alat untuk mendeteksi penyakit dari gangguan yang dipengaruhi oleh ginjal. Seperti ginjal stadium akhir dan gagal ginjal akut. Kandungan nitrogen yang ada di dalam urea dalam darah dan nitrogen urea yang ada di dalam urine dapat dipakai dalam menentukan apakah seseorang memiliki ginjal yang sehat atau tidak.

Pentingnya rumus kimia urea dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari memang menjadi salah satu yang tidak bisa terlepas oleh manusia. Untuk itu, penggunaan urea memberikan manfaat yang besar dalam kehidupan, baik untuk manusia dan alam sekitar.

Rumus Kimia Urea, Pengertian dan Pemanfaatannya Dalam Kehidupan | Guru Dewantara | 4.5