Rumus Molekul Senyawa Dan Contoh Senyawanya

Molekul adalah salah satu dari bagian terkecil serta tidak dapat terpecah dari suatu senyawa unsur kimia yang murni. Selain itu juga unsur kimia yang masih mempertahankan sifat fisika dan kimia yang unik. Suatu molekul tersebut terdiri dari dua atau lebih dari atom yang terikat dengan satu sama lainnya. Salah satu contohnya yaitu molekul air yang merupakan kombinasi dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. Berdasakan jenis atom tersebut yang menyusun molekul terbagi menjadi dua jenis diantaranya yaitu molekul unsur serta molekul senyawa. Namun untuk kali ini kami akan membahas mengenai rumus molekul senyawa.

Molekul ini merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang berhubungan dari sebuah atom. Hubungan dari atom serta molekul tersebut juga sangat kuat, bahkan juga dapat dikatakan bahwa setiap atom tersebut mempunyai molekul. Maka sangat jarang jika diketahui atau ditemui sebuah atom berdiri sendiri, sebab atom yang melekat akan mengikat satu dengan lainnya.

Rumus Molekul Senyawa

Molekul senyawa merupakan sebuah molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan unsur atau atom yang juga berbeda jenis. Pengertian tersebut tentu berbanding balik dengan molekul unsur yang hanya mempunyai satu unsur. Di sinilah terdapat titik perbedaan mengenai molekul senyawa dan molekul unsur. Perlu diketahui juga bahwa semua senyawa merupakan molekul, namun tidak semua molekul tersebut adalah senyawa.

Secara umum rumus molekul senyawa dapat ditulis sebagai berikut ini :

adversitemens

nAxByCz

A, B, dan C = lambang unsur penyusun senyawa
x, y, dan z = angka indeks
n = koefisien

Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa

Contoh Molekul Senyawa

Secara umum rumus molekul senyawa dapat ditulis sebagai berikut ini :

  • CO2 (Karbon Dioksida)

CO2 ini adalah salah satu hasil dari penggambungan antara satu atom Karbon serta dua atom Oksigen. Di sini anda juga dapat lihat jika atom H mempunyai perbedaan dengan atom jenis O.

  • CO (Karbon Monoksida)

Terdiri dari satu atom Karbon serta satu atom Oksigen.

adversitemens
  • H2O (Air)

Terdiri dari dua atom Hidrogen serta satu atom Oksigen.

  • CO(NH2)2 (Urea)

Terdiri dari 1 atom karbon, 1 atom Oksigen, 2 atom N, dan 4 atom Hidrogen.

  • CaO (Kalsium Oksida)

Terdiri dari 1 atom Kalsium dan 1 atom Oksigen.

  • C6H12O6 (Gula/Glukosa)

Terdiri dari 6 atom karbon, 12 atom Hidrogen, 6 atom Oksigen.

  • CaCO3

Terdiri dari 1 atom Kalsium, 1 atom Karbon dan 3 atom Oksigen.

  • H2SO4

Terdiri dari 2 atom Hidrogen, 1 atom Sulfur (Belerang), dan 4 atom Oksigen.

  • NH3 (Amonia)

Terdiri dari 1 atom N dan 3 atom Hidrogen.

  • HCL (Hidrogen Klorida)

Contoh lain dari Molekul yaitu dapat kita lihat di kehidupan sehari-hari. Misalnya yaitu pada saat kita bernafas. Dalam proses tersebut kita melibatkan antara Molekul unsur dan senyawa. Adapun reaksi kimianya sebagai berikut :

  • C6H12O6 + 6O2 —– > Energi + 6CO2 +6H2O
  • Zat Makanan (Glukosa) + Oksigen —– > Energi + Karbondioksida + Uap Air

Reaksi kimia tersebut menunjukkan jika dalam proses bernafas anda membutuhkan oksigen dalam menguraikan berbagai macam glukosa. Glukosa yang akan di uraikan yaitu yang terdapat dalam zat makanan menjadi karbondioksida, energi dan uap air. Energi tersebut yang akan digunakan dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari.

Dilihat dari rumus kimia tersebut bahwa kita dapat menyimpulkan jika Molekul Unsur pada proses bernafas yaitu oksigen. Kemudian Molekul Senyawanya yaitu glukosa, air dan karbondioksida.

Demikian pembahasan mengenai pengertian molekul serta rumus molekul senyawa dan contohnya. Semoga bermanfaat bagi anda yang tengah mengkaji ilmu dalam bidang fisika dan biologi.

Rumus Molekul Senyawa Dan Contoh Senyawanya | Guru Dewantara | 4.5