Gugus Fungsi Senyawa Karbon Dan Kegunaannya

Senyawa karbon adalah suatu senyawa yang terdiri dari atas atom karbon serta jenis atom lainnya. Banyak orang yang percaya bawa senyawa karbon ini hanya dapat diperoleh dari berbagai makhluk hidup. Oleh sebab itu, senyawa karbon ini dikenal dengan senyawa organik. Pada awalnya, senyawa karbon ini disebut juga dengan senyawa karbon anorganik. Banyak fungsi senyawa karbon dan kegunaanya bagi kehidupan sehari-hari. Misalnya yaitu urea yang juga dikenal sebagai salah satu senyawa organik. Secara alami bahwa urea merupakan salah satu hasil metabolisme tubuh yang juga dikeluarkan dengan urin manusia.

Berdasarkan dari sifat serta strukturnya senyawa karbon ini tersusun dari senyawa karbon organik dan anorganik. Contoh dari senyawa karbon organik yaitu protein, karbohidrat, vitamin dan lemak. Sedangkan untuk contoh senyawa anorganik yaitu garam karbonat, karbon monoksida dan karbon dioksida.

Senyawa Karbon Dan Kegunaannya

Identifikasi apakah suatu zat kimia dari senyawa karbon atau tidak. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membakar bahan tersebut. Pembakaran yang tidak sempurna maka akan menghasilkan sebuah zat sisa yaitu arang atau karbon. Sedangkan jika pembakaran bahan tersebut sempurna, maka akan menghasilkan yaitu gas CO2. Keberadaan gas tersebut juga dapat diketahui dengan mengalirkan ke air kapur atau barit. Jika senyawa yang dibakar tersebut sempurna yaitu merupakan senyawa karbon. Maka air kapur atau barit tersebut akan keruh. Rekasi ini juga terjadi diantara gas serta air kapur.

CO2(g) + Ca(OH)2(aq) → CaCO3(s) + H2O(l)

adversitemens

Senyawa karbon ini merupakan berbagai jenis senyawa yang dekat dengan kehidupan kita. Bahkan banyak yang tidak menyadari bahwa berbagai organ tubuh kita atau berbagai bahan yang digunakan terdiri dari senyawa karbon. Penggunaan senyawa tersebut semakin luar, bahkan juga dapat menggantikan berbagai jenis bahan alami yang sulit untuk ditemukan.

Berbagai bahan seperti asam cuka, pengawet makanan, cairan pendingin mesin, pembasmi hama, segala bahan tersebut terdiri dari senyawa karbon. Banyak kegunaan dari beberapa bahan tersebut yang terbuat dari karbon. Namun, disamping kegunaannya, senyawa karbon ini juga mempunyai efek yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan. Berbagai jenis penyakit seperti penyakit kanker dan penyakit berat lainnya juga dipicu dengan senyawa karbon. Salah satu zat yang berbahaya yaitu metanol. Metanon ini beracun meskipun dalam jumlah yang sedikit. Gejala keracunan metanol tersebut merupakan kebutaan karena metanol tersebut banyak menyerang syaraf. Hal ini dapat mengakibatkan kematian. Anda akan menjumpai berbagai jenis aspek yang lebih luas dalam mempelajari kimia karbon tersebut.

Gugus Fungsi Senyawa Karbon

Keunikan dari jenis senyawa karbon ini dapat ditentukan dengan adanya gugus fungsi. Gugus fungsi tersebut terdapat dalam senyawa alkohol, asam karboksilat dan ester. Anda juga akan lebih mudah memahami kima karbon jika anda mengetahui beberapa gugus fungsi senyawa karbon.

Berikut ini tabel gugus fungsi dari senyawa karbon.

 

Nama seri homolog Rumus umum Gugus fungsi Sistem trivial IUPAC
Parafin CnH(2n+2) Tidak ada Parafin Alkana
Olefin CnH2n -C=C- Olefin Alkena
CnH(2n-2) -C≡C- Alkuna Alkuna
Alkil halida CnH(2n+1)X, RX -X Alkil halida Haloalkana
Alkohol ROH, CnH(2n+2)O -OH Alkil alkohol/ alkohol Alkanol
Eter ROR, CnH(2n+2)O -O- Alkil eter/ eter Alkoksi alkana
Keton RCOR, CnH2nO -CO- Alkil keton/ keton Alkanon
Aldehid RCHO, CnH2nO -CHO Aldehid Alkanal
Amina RNH2 -NH2 Alkil amina/ amina Amino alkana
Asam karboksilat RCOOH, CnH2nO2 -COOH Sesuai sumbernya Asam alkanoat
Amida RCONH2 -CONH2 Amida alkana/ amida Alkanamida
Halida asam RCOX -COX Haloalkil keton Alkanoil halida
Ester RCOOR, C2H2nO2 -COOR Alkil ester/ ester Alkil alkanoat

 

adversitemens

Gugus Fungsi Senyawa Karbon Dan Kegunaannya | Guru Dewantara | 4.5